Penandatanganan Cedric Soares Bukan Suatu Kebodohan

Arsenal dilaporkan hampir menandatangani Cedric Soares dengan pinjaman enam bulan. Ini adalah kesepakatan yang aneh dan tidak terduga, tetapi tidak sepenuhnya bodoh.

Sebelumnya di jendela transfer Januari, Arsenal sangat terkait dengan kepindahan pinjaman untuk bek kiri Paris Saint-Germain Layvin Kurzawa. Pemikirannya jelas: The Gunners membutuhkan bek kiri dengan Kieran Tierney yang berurusan dengan bahu terkilir dan Sead Kolasinac keluar hingga pertengahan Februari dan Kurzawa mewakili solusi sementara yang murah, cepat, untuk masalah ini.

Masalahnya adalah bahwa Kurzawa sebenarnya tidak semurah itu, sebagian besar karena upahnya yang melambungkan PSG, hanya bisa bermain di sisi kiri, dan tidak sepenuhnya dibutuhkan berkat kinerja Bukayo Saka yang luar biasa. Tetapi kebutuhan untuk bek sayap, di kedua sisi pertahanan, tetap ada.

Maka, Arsenal terpaksa masuk ke pasar transfer sekali lagi, kali ini beralih ke pemain belakang Southampton, Cedric Soares, 28 tahun. Sebagaimana dilaporkan secara luas pada hari Rabu sore, Cedric akan membuat London utara beralih pada perjanjian pinjaman enam bulan sebelum berakhirnya kontrak Saints-nya. Kesepakatan dilaporkan akan menelan biaya sekitar £ 5 juta termasuk upah dan juga akan memberikan pakaian London utara dengan kesempatan untuk menandatangani Cedric ke kontrak baru di musim panas jika mereka ingin memperpanjang masa tinggalnya di luar akhir masa pinjamannya.

Ini tentu saja sebuah nama dari tiba-tiba. Saya tidak yakin banyak penggemar akan menduga bahwa klub menang menandatangani pemain belakang Southampton pada awal jendela Januari. Namun, terlepas dari keingintahuannya, ada tingkat kepekaan terhadap kesepakatan yang tidak membuatnya sepenuhnya konyol.

Pertama dan terutama, Arsenal membutuhkan bantuan bek sayap. Kebugaran Hector Bellerin telah bergolak sepanjang karirnya dan masih kembali dari air mata ACL. Kolasinac dan Tierney keduanya saat ini sedang cedera, sementara Saka dan Ainsley Maitland-Niles bukanlah full-back alami, Arteta jelas memiliki keinginan lain dengan pasangan ini, terutama yang terakhir.

Cedric adalah bek kanan alami tetapi ia juga bermain sebagai bek kiri. Menawarkan kedalaman di kedua posisi sangat penting mengingat kurangnya pilihan di kedua posisi. Pengenalannya sebagai bek kanan cadangan juga membebaskan Maitland-Niles untuk bermain di lini tengah, posisi yang mungkin berakhir sebagai rumah jangka panjangnya. Arteta telah memainkan Maitland-Niles dalam peran bek kanan hibrida yang terlihat mengeksploitasi fit alami di lini tengah. Mungkin pemain berusia 22 tahun sekarang akan digunakan sebagai gelandang langsung.

Bek Southampton juga sangat murah. Untuk hanya £ 5 juta, yang merupakan kacang untuk Arsenal, meskipun masalah keuangan mereka, ia memberikan kedalaman penting di dua posisi. Itu akan membuat perbedaan penting selama bentangan penutupan musim, terutama jika balapan empat besar akan dihidupkan kembali.

Apakah penandatanganan Cedric dengan pinjaman enam bulan merupakan langkah yang sulit? Iya. Apakah ini sedikit penasaran dan sama sekali tidak terduga? Benar. Tapi itu tidak membuatnya bodoh. Bahkan, ada sejumlah alasan yang layak untuk berpikir itu agak pintar.